CONNECT WITH US
  • Patroli Laut Tangkap Kapal Pukat Trawl

    Bagikan:

    BK24JAM - Tanjungtiram: Tim gabungan PSDKP Belawan, KPLP, Danlanal Tanjungtiram mengamankan kapal pukat harimau (trawl) pada operasi hari ketiga di perairan Tanjungtiram.

    Padal Ops AKP Irsol, mengatakan, penangkapan kapal pukat harimau itu merupakan hasil kerja tim gabungan yang saat itu sedang melakukan patroli di laut Batubara dalam rangka menjalankan peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan (Permen KP) Nomor 2/2015.

    "Tiga hari lalu kita telah gelar pasukan yang ikut dalam operasi. Pada hari kedua Kapal Pukat Harimau itu disergap tim ketika hendak bergeser seusai angkat pukat. Mereka terdiri dari 8 ABK dan 1 nahkoda kapal bernama Dedi Julpani Saragi (28) warga Jalan SM Raja Kecamatan Medan Amplas, Medan," kata AKP Irsol, kemarin.

    Kata dia, penangkapan kapal pukat yang berkekuatan 6 peston itu saat kapal tersebut sedang kandas (sakat). "Yang kita bawa ke komando hanya nahkodanya, sedangkan 8 ABK dan pukat masih di kapal menunggu air pasang baru kita halau ke pelabuhan," terang Kapolsek Labuhan Ruku itu.

    Dijelaskan, saat dilakukan pemeriksaan oleh tim, kapal hanya memiliki dokumen berupa surat izin pukat apung (long beach) set net dengan pemilik ijin bernama Martin.

    "Terhadap 8 ABK dan Nahkoda nantinya akan diserahkan ke Pengawas Sumber Daya Kelautan Perikanan (PSDKP) Belawan guna pemeriksaan dan jenis hukuman yang dilanggar sesuai dengan ketentuan dan perudang-undangan," sebutnya. (tjngtrm)
    KOMENTAR