CONNECT WITH US
  • Putusan Pengadilan Salah, 15 Rumah di Kisaran Gagal Dieksekusi

    Bagikan:
    pihak kepolisian berjaga di tengah kerumunan massa | bk24jam.com
    BK24JAM - Dilengkapi alat berat eskapator dan disaksikan ratusan warga Kecamatan Medang Deras PN Kisaran, Rabu (24/8) sekira pukul 10.00 wib gagal melakukan eksekusi 15 rumah milik warga yang berdiri diatas lahan yang dipersengketakan.

    Gagalnya eksekusi menurut keterangan sejumlah warga dikarenakan putusan eksekusi oleh PN Kisaran terdapat sejumlah titik permasalahan terkait batas lahan yang di persengketakan tidak sama antara batas yang dibacakan panitera dengan batas yang ada saat ini.

    Kapolres Batubara AKBP Bona Silalahi SiK yang hadir dilokasi didampingi Kabag Ops, Kasat Intel dan Kapolsek Medang Deras.Selain dihadiri pejabat Polres terlihat hadir personil TNI AD dan 1 Pleton Brimob Tebing Tinggi.Bona Silalahi ketika di komfirmasi Wartawan mengatakan pembatalan dan penundaan putusan Pengadilan Negeri (PN) terkait eksekusi lahan dan rumah milik warga yang berada di Gang PKK Kelurahan Pangkalan Dodek Kecamatan Medang Deras Batubara,yang dibacakan oleh Panitra pengadilan Tohiran terdapat kesalahan pengetikan.

    "Pada objek perkara benar namun batas tanah tidak susuai dengan objek," terang kapolres yang diamini camat dan lurah yang hadir pada eksekusi itu.

    Lebihlanjut Kapolres mengungkapkan putusan PN Kisaran harus sesuai dengan objek yang disengketakan,"tidak ada yang dilebihkan atau yang dikurangi, kepolisian yang hadir merupakan penengah tidak pro kanan dan kiri," tambahnya.

    "Sebagai solusi nya kita telah melakukan diskusi dengan memanggil panitra, penasehat hukum kedua belah pihak,camat dan lurah untuk menunda eksekusi hingga 6 hari kedepan,untuk dilakukan negosiasi kembali," imbuh kapolres.

    Informasi yang di himpun Wartawan dilapangan eksekusi dilakukan berdasarkan putusan PN Kisaran Nomor 1/Pen.Eks/Pdt.2016/PN-Kis yang memenangkan gugatan pemohon atas nama Farida Hanum (62) warga dusun Pasir Putih desa Durian Kecamatan Medang Deras, Nasbah (57) warga dusun Kampung Besar desa Nanasiam Kecamatan Medang Deras dan Anisa (52) warga Kelurahan Pangkalan Dodek Baru Kecamatan Medang Deras.

    Atas lahan yang di kuasai oleh tergugat Adnan Mbay (61) warga lingkungan III Gg Beko Kel Pangkalan Dodek Baru,Fauzi (53) penduduk Lingkungan III Gang Beko Kelurahan Pangkalan Dodek Baru dan Watini(80) warga Jl Teluk Lingk IV Kelurahan Pangkalan DodekBaru.

    Diketahui tuntutan pemohon telah dilakukan sejak tahun 2010. Berdasarkan surat gugatan No.8/Pdt.G/2010/PN.Kis,dan dimenangkan pemohon berdasarkan putusan Pengadilan Tinggi Medan tertanggal 28 Agustus 2012 ,nomor 154 /Pdt.Prodeo /2012 jo PN Kisaran tanggal 1 Februari 2011.Nomor 8/Pdt.G/2010/PN.Kis berlanjut pada permohonan kuasa hukum Lilik Arianto SH pada tanggal 15 September 2015 dan terbitlah surat eksekusi no 1/Pen.Eks/Pdt.2016/PN.Kis.

    (BSK)
    KOMENTAR